Cek Lowongan Kerja Palsu Dengan Cara Ini, Atau Anda Tertipu

Cek Lowongan Kerja Palsu

Kasus penipuan tentang proses rekrutmen kerja di Perusahan besar, akhir – akhir ini mencuat kembali. Sebelumnya ada beberapa korban yang mengaku ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan HRD dari Perusahaan bersar, mereka meminta biaya administrasi dan kemudian dijanjikan untuk masuk ke Perusahaan tersebut, namun ketika korban memberikan uang kemudian tidak ada kabar apapun bahkan tidak ada kontak yang bisa dihubungi kembali.

Sayangnya hal ini terus berulang seiring dengan susahnya mencari pekerjaan pada masa sekarang ini, butuh persaingan yang berat untuk bisa masuk ke sebuah Perusahaan mengingat setiap tahun banyak lulusan baru yang mencari kerja. Pada akhirnya beberapa Jobseeker mencari jalan pintas untuk bisa bergabung ke Perusahaan, dengan cara membayar sejumlah uang dengan iming – iming bisa bekerja dengan cepat. Hal tersebut menjadi sebuah ladang bagi para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya, dengan membuat info lowongan dan proses rekrutmen palsu.

Anda harus selalu berhati – hati terhadap info lowongan dan proses rekrutmen palsu dengan selalu mengecek kembali informasi yang anda terima, pastikan info tersebut adalah benar.

Untuk memudahkan anda dalam mengecek lowongan kerja palsu, berikut kami informasikan beberapa cara untuk memastikan sebuah lowongan kerja, sebagai berikut :

  • Cek Nama Perusahaan

Ketika mendapatkan informasi lowongan kerja baik melalui pesan singkat atau media sosial, baiknya cari nama Perusahaan tersebut melalui internet. Biasanya muncul detail informasi tentang Perusahaan tersebut, dan silahkan untuk di baca sedetail mungkin. Jika tidak muncul informasi tantang Perusahaan tersebut, bisa jadi info lowongan tersebut adalah palsu.

  • Perhatikan Persyaratan / Kualifikasi

Ketika anda mendapatkan informasi lowongan dengan kualifikasi / persyaratan yang idak jelas, misal hanya menampilkan persyaratan usia, jenis kelamin, tingkat lulusan dan nomor HRD, bisa dipastikan lowongan tersebut palsu karena info yang diberikan tidak jelas.

  • Perhatikan Detail Kontak

Jika kontak yang terdapat pada info lowongan adalah data pribari,

Cek Lowongan Kerja Palsu

misal nama email untuk mengirimkan data CV adalah [email protected] dan alamat website namaperusahaanbesar.xyz / namaperusahaanbesar.net / namaperusahaanbesar.ck bisa dipastikan adalah palsu. Karena detail kontak yang benar biasanya menggunakan format [email protected] atau [email protected] untuk nama website juga biasanya namaperusahaanbesar.com atau namaperusahaanbesar.co.id.

  • Cek Alamat

Ketika anda mendapatkan info lowongan pekerjaan dengan alamat nama Perusahaan besar dan setelah dicek di internet berbeda, maka dipastikan palsu. Biasanya alamat palsu / penipuan disebuah ruko, padahal ketika dicek diinternet Perusahaan tersebut beralamat dijalan yang berbeda.

  • Cari Informasi Perusahaan di Forum Online

Ini adalah langkah yang paling akhir untuk mencari data perusahaan yang benar atau tidak, anda bisa mengunjungi situs yang menyediakan forum diskusi untuk menanyakan detail perusahaan. Beberapa situs yang menyediakan forum online adalah kaskus, facebook, twitter dll. Biasanya ada beberapa orang yang sudah menceritakan pengalamanya mengikuti atau bekerja di Perusahaan yang anda cari.

Sebelum anda menjadi korban berikutnya, sebaiknya persiapkan diri dalam mencari informasi lowongan kerja dengan cara melakukan riset terlebih dahulu. Anda juga bisa melaporkan ke pihak yang berwajib jika pernah mengalami penipuan dalam proses rekrutmen, dengan bukti yang nyata. Berhati – hatilah dalam mencari nformasi lowongan kerja, semoga anda bisa belajar dari beberapa kejadian yang pernah dialami orang lain.

Baca Juga : 6 Ciri Lowongan Kerja Palsu

Tinggalkan komentar