Blog

Lowongan Kerja Palsu, Seperti Inilah Ciri-cirinya Anda Harus Tau

Hari ini kita bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dengan sangat mudah, cukup dengan bantuan internet anda bisa mendapatkan info lowongan kerja. Namun harus diwaspadai mengingat banyak oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan cara memberikan info lowongan kerja palsu.

Dari beberapa penuturan korban, biasanya mereka mendapatkan info lowongan kerja palsu dari pesan singkat dan group media sosial. Karena sedang membutuhkan pekerjaan, mereka langsung menghubungi kontak yang tertera dan mengikuti proses rekrutmen. Setelah mengikuti proses rekrutmen, beberapa korban merasa menyesal karena merasa telah ditipu dengan model proses rekrutmen yang tidak wajar seperti dimintai uang untuk biaya administrasi. 

Sangat disayangkan dibeberapa kota besar hal ini sering terjadi dan terus menyebar kedaerah dengan berbagai macam model proses rekrutmen. Agar anda terhindar dari tindakan oknum yang tidak bertanggung jawab, berikut kami informasikan 6 ciri lowongan kerja palsu sebagai berikut : 

  • Nama perusahaan tidak familiar

Nama perusahaan menjadi sebuah trigger utama untuk dijadikan bahan mempertimbangkan benar tidaknya sebuah lowongan pekerjaan, biasanya oknum – oknum membuat sendiri atau mengarang sebuah nama untuk menipu para Jobseeker. Sebagai Jobseeker yang pandai, baiknya cek dahulu nama perusahaan untuk memastikan perusahaan tersebut ada dan jelas.

  • Kualifikasi / Persyaratan tidak jelas

Pada saat kita melihat sebuah info lowongan pekerjaan palsu, baiknya perhatikan secara detail kualifikasi dari lowongan tersebut. Biasanya ketika kualifikasi yang diberikan tidak jelas, sudah dipastikan lowongan tersebut palsu. Misal anda melihat sebuah info di jalan atau di media sosial dengan kualifikasi / persyaratan hanya mencamtumkan usia, jenis kelamin, tingkat lulusan dan kontak data pribadi recruiter, harus ekstra hati – hati karena bisa jadi info tersebut palsu.

  • Alamat tidak jelas

Sering kali kita mendapatkan info lowongan yang menerangkan detail informasi perusahaan, baiknya cek terlebih dahulu apakah info alamat sesuai dengan data asli.

  • Kontak menggunakan data pribadi

Hal yang paling harus diwaspadai adalah ketika info kontak yang diberikan menggunakan data pribadi. Anda harus mengecek kembali apakah benar data tersebut palsu atau tidak. Ini adalah lowongan kerja palsu.

  • Langsung dijanjikan kontrak dan timpat tinggal

Sangat tidak wajar ketika kita menghubungi sebuah perusahaan dan langsung menawarkan atau bahkan dijanjikan sebuah kontrak dan tempat tinggal, hal ini sangat mencurigakan dikarenakan terlalu cepat recruiter menawarkan janji tersebut.

  • Meminta biaya administrasi

Dari beberapa korban yang pernah mengikuti interview lowongan kerja palsu dengan data informasi perusahaan yang tidak jelas, bisanya mereka dimintai biaya untuk alasan tertentu. Hal tersebut sudah dipastikan anda menjadi korban penipuan oknum tidak bertanggung jawab.

Demikianlah 6 ciri lowongan kerja palsu, semoga anda terhindar dari perbuatan oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab. Selalu seleksi info pekerjaan sebelum anda mengirimkan data CV agar terhindar dari lowongan palsu, jangan sampai anda menjadi korban selanjutnya.

Baca Juga : Cara Cek Lowongan Kerja Palsu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button